Home Top Ad

Responsive Ads Here

Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Share:

Penyakit jantung ialah jenis penyakit berbahaya karena penyakit ini bisa menimbulkan serangan tiba tiba dan fatalnya bisa menyebabkan kerusakan pada jantung. fungsi jantung yang sangat penting perlu sekali di jaga dengan maksimal agar bisa terus berfungsi dengan baik karena jika tidak dijaga dengan baik bisa menyebabkan penurunan fungsi dan berakhir pada penyakit jantung. penyakit jantung ada banyak jenisnya tergantung masalahnya ada di bagian jantung mana, tetapi ada jenis penyakit jantung yang paling sering atau banyak penderitanya yaitu jantung koroner.

Pasti sudah tidak asing lagi mendengar penyakit jantung koroner. Kondisi dimana aliran darah ke jantung tidak berjalan dengan baik,bisa menyebabkan penggumpalan darah dan ada potensi untuk pecah pembuluh darah yang sangat berbahaya. oleh karena itu perlu mengetahui tips cara mencegah penyakit jantung koroner dengan baik agar tidak dialami suatu hari nanti.



Sakit jantung koroner kondisinya memang ada aliran darah yang tidak mengalir dengan maksimal ke arah jantung. ada penyumbatan di bagian pembuluh darah oleh lemak jahat atau plak yang menempel kuat di pembuluh darah. karena jumlah plak semakin banyak, maka semakin parah juga penyempitan pembuluh darah pada jantung. karena jantung terus memompa darah tetapi hanya sedikit darah yang masuk sehingga jantung terus bekerja dengan memompa darah untuk memenuhi kebutuhan darah agar organ tubuh yang lain tidak kekurangan darah dan menyebabkan masalah pada tubuh. kondisi seperti jika terus dipaksakan lama kelamaan bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

Ada banyak hal yang menyebabkan pembuluh darah menyempit dan penggumpalan sehingga darah tidak bisa masuk ke jantung dengan maksimal. lemak jahat yang menjadi plak yang berada di pembuluh darah. lemak jahat jika kadarnya terlalu tinggi akan menempel di pembuluh darah, semakin lama menempel akan semakin erat merekatnya sehingga hal ini lah yang menyebabkan pembuluh darah akan mengalami penyempitan dan darah bisa menggumpal serta pemblokiran aliran darah yang bisa memicu serangan jantung.

Lemak jahat yang menjadi plak berasal dari kolesterol. Karena itu salah satu risiko tinggi untuk menderita penyakit jantung koroner dan jenis penyakit jantung lainnya dikarenakan kadar kolesterol tidak di kontrol dengan baik. kadar kolesterol yang berlebihan ini disebabkan oleh banyak hal tetapi lebih banyak dari makanan. Ada makanan berkolesterol cukup tinggi jadi ketika sering dikonsumsi dalam jumlah banyak meningkatkan kadar kolesterol. Selain itu, berat badan pun juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Sebab orang orang gemuk memang lebih berisiko menderita berbagai macam penyakit termasuk penyakit jantung.

Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Ada pun faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner seperti pada orang di usia tua yang lebih berpotensi untuk mengalami penyakit jantung khususnya pada seseorang yang memang sejak usia mudanya tidak menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. berisiko tinggi juga untuk menderita penyakit jantung koroner pada seseorang yang menjalani gaya hidup buruk seperti merokok. nikotin dan kandungan kimia berbahaya lainnya di dalam rokok bisa merusak pembuluh darah sehingga bisa menghambat darah untuk mengalir ke jantung dan kerja jantung pun juga akan lebih keras pada saat rokok masuk ke dalam tubuh.

Semakin sedikitnya aliran darah yang masuk ke dalam tubuh akan semakin memicu kerusakan jantung. tanda tanda penyakit jantung bisa menyebabkan nyeri dada dikarenakan darah yang membawa oksigen ke dada atau jantung hanya sedikit kondisi ini juga sering dikenal dengan angina. Sesak napas, mual, pusing, terasa lelah juga termasuk tanda tanda penyakit jantung koroner. Risiko lebih buruk bisa menyebabkan kematian atau stroke jika ada pembuluh darah pecah. Oleh karena itu ada tips cara mencegah penyakit jantung koroner yang bisa dilakukan, seperti dibawah ini :

  • Tips cara mencegah penyakit jantung koroner dengan berhenti merokok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner karena rokok, bahkan di kemasan rokok pun juga sudah tertera. Efek dari merokok memang tidak akan dialami hari ini tetapi di kemudian hari jika sudah sangat parah. oleh karena itu tips cara mencegah penyakit jantung koroner dengan berhenti merokok dalam jenis apa pun.

  • Tips cara mencegah penyakit jantung koroner dengan asupan makanan sehat

Asupan akanan sering kali meningkatkan kolesterol atau lemak jahat yang bisa menjadi plak di pembuluh darah. oleh karena itu tips cara mencegah penyakit jantung koroner disarankan untuk makan makanan sehat. lebih banyak makan buah dan sayuran, kurangi makanan berlemak.

  • Tips cara mencegah penyakit jantung koroner dengan menjaga tekanan darah dan gula darah

Menjaga tekanan darah dan juga kadar gula darah agar tetap normal pun salah satu langkah untuk mencegah penyakit jantung koroner. Oleh karena itu di jaga dengan baik dengan mengurangi gula serta garam pada asupan makanan.

  • Tips cara mencegah penyakit jantung koroner dengan olahraga

Olahraga secara teratur bisa membantu mencegah penyakit jantung koroner bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh karena dengan olahraga bisa menurunkan kadar kolesterol atau lemak yang menghambat peredaran darah.


No comments