Home Top Ad

Responsive Ads Here

Manfaat Menggunakan 2 Alat Bantu Dengar

Share:


Jika Anda memiliki gangguan pendengaran di kedua telinga (Bilateral Hearing Loss), maka kemungkinan besar Anda harus menggunakan dua alat bantu dengar. Dalam hal ini, Hearing Aid Spesialis Anda (HAS) sebagai seorang profesional terbaik dibidang pendengaran tentunya dapat menentukan apakah Anda merupakan kandidat menggunakan dua alat bantu dengar atau tidak, namun keputusan akhir mengenai pemasangan ABD pada kedua telinga ada di tangan Anda.

Salah satu hal penting yang harus Anda dapatkan, yaitu Anda HARUS diberi kesempatan untuk merasakan pemasangan ABD binaural (Dua Alat Bantu Dengar), sebelum Anda memutusan untuk memakai satu atau dua alat bantu dengar.

Sama halnya dengan cara mengatasi masalah refraksi/pembiasan pada kedua mata dengan kacamata, sehingga sangat masuk akal bahwa gangguan pendengaran pada kedua telinga (bilateral ) harus ditangani, juga dengan dua alat bantu dengar (binaural). Izinkan kami berbagi dengan Anda mengapa menggunakan dua alat bantu dengar yang lebih baik dari satu :



1. LEBIH BAIK DALAM MEMAHAMI PERCAKAPAN
Dengan memakai dua alat bantu dengar, mendengarkan suara percakapan yang diingikan lebih mudah dibandingkan menggunakan satu alat bantu dengar
Sehingga otak Anda dapat fokus pada percakapan yang ingin Anda dengar. 
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memakai dua alat bantu dengar secara rutin, 
dapat memahami kata-kata dan percakapan signifikan lebih baik daripada orang memakai satu alat bantu dengar.
 
2. LEBIH BAIK DALAM MEMAHAMI PERCAKAPAN DALAM GRUP DAN SITUASI BISING
Kejelasan suara percakapan akan meningkat ketika Anda berada dalam situasi mendengar yang sulit  (cth.  dalam grup & lingkungan bising) ketika memakai dua alat bantu dengar.
 
3. MEMILIKI KEMAMPUAN LEBIH BAIK UNTUK MELOKALISIR (MENGETAHUI ARAH DATANGNYA)  SUARA
Hal ini disebut lokalisasi suara.  Dalam sebuah pertemuan sosial contohnya, lokalisasi suara memungkinkan Anda untuk mendengar dari arah mana seseorang berbicara kepada Anda.  Selain itu, lokalisasi suara membantu Anda menentukan dari arah mana lalu lintas berasal atau di mana anak-anak atau cucu sedang bermain.  Sederhananya, dengan pendengaran binaural, Anda akan lebih baik untuk mendeteksi dari mana suara berasal dalam setiap situasi
 
4. KUALITAS SUARA LEBIH BAIK
Ketika Anda mendengarkan suatu sistem stereo,  Anda menggunakan kedua speaker untuk mendapatkan kualitas suara yang paling halus,  paling tajam dan paling alami. Sama juga halnya dalam menggunakan alat bantu dengar.  Dengan memakai dua alat bantu dengar,  Anda meningkatkan jangkauan penerimaan pendengaran Anda dari semula 180 derajat (dengan memakai satu ABD) menjadi 360 derajat (dengan memakai dua ABD).  Jangkauan yang lebih besar ini akan memberikan keseimbangan dan kualitas suara yang lebih baik.
 
5. KUALITAS NADA LEBIH HALUS
Memakai dua alat bantu dengar biasanya akan mengurangi kebutuhan volume yang digunakan dibanding memakai satu ABD. Contohnya jika memakai satu ABD, Klien menggunakan volume pada posisi 2,  sedangkan bila menggunakan dua ABD klien hanya menggunakan volume pada posisi 1.  Pengurangan volume yang digunakan akan mengurangi distorsi dan dapat memperbaiki reproduksi suara yang diperkuat.
 
6. JANGKAUAN PENDENGARAN LEBIH LUAS
Seseorang bisa mendengar suara dari jarak jauh dengan dua telinga, bukan hanya satu telinga.  Sebuah suara nyaris tak terdengar pada jarak 10 kaki dengan satu telinga, namun dapat didengar dengan jarak hingga 40 kaki dengan dua telinga.
 
7. IDENTIFIKASI SUARA LEBIH BAIK
Seringkali, jika hanya menggunakan satu alat bantu dengar, banyak suara dan kata-kata yang terdengar sama.  Tapi dengan dua alat bantu dengar, sama halnya seperti dengan dua telinga, suara akan lebih mudah dibedakan.
 
8. MEMBUAT KEDUA TELINGA AKTIF, SEHINGGA POTENSI GANGGUAN PENDENGARAN SEMAKIN MEMBURUK DAPAT DIKURANGI
Penelitian menunjukkan bahwa ketika hanya satu alat bantu dengar dipakai, telinga yang tanpa alat bantu dengar cenderung kehilangan kemampuannya untuk mendengar dan memahami.  Hal ini secara klinis disebut auditory deprivation effect (efek kekurangan pendengaran). Memakai dua alat bantu dengar menjaga kedua telinga aktif.
 
9. MENGURANGI KELELAHAN PENDENGARAN DAN MENDENGARKAN MENJADI LEBIH MENYENANGKAN
Kebanyakan pemakai alat bantu dengar dengan dua telinga (binaural) melaporkan bahwa mendengarkan dan berperan serta dalam percakapan lebih menyenangkan dengan menggunakan dua alat, bukan hanya satu alat. Hal ini karena mereka tidak perlu tegang dan terlalu fokus untuk mendengar dengan telinga yang lebih baik.  Dengan demikian, pendengaran binaural dapat membantu membuat hidup Anda lebih santai.
 
10. MERASAKAN PENDENGARAN YANG LEBIH SEIMBANG
Mendengar menggunakan dua telinga menghasilkan kesan dan rasa keseimbangan dalam penerimaan suara,  hal ini juga dikenal sebagai efek stereo, sedangkan pendengaran mono (satu telinga) menghasilkan perasaan yang aneh untuk suara yang terdengar di satu telinga.
 
11. KENYAMANAN YANG LEBIH KETIKA SUARA YANG KERAS TERJADI
Dengan menggunakan dua ABD kebutuhan volume yang diperlukan akan lebih rendah,  dibandingkan dengan menggunakan satu ABD. Hasilnya adalah akan membuat toleransi yang lebih baik jika ada suara keras yang terjadi.
 
12. MENGURANGI POTENSI TERJADINYA FEEDBACK ATAU DENGING
Dengan pengaturan volume yang lebih rendah kemungkinan terjadinya feedback yang didengar semakin berkurang.
 
13. TINNITUS MASKING (MENYAMARKAN BUNYI TINNITUS)
Sekitar 50% orang dengan gangguan suara denging pada telinga, mereka melaporkan adanya perbaikan saat menggunakan alat bantu dengar.  Jika seseorang dengan tinnitus memakai alat bantu dengar hanya satu telinga, akan masih ada suara denging di telinga yang tidak memiliki alat bantu dengar.
 
14. PREFERENSI (PILIHAN) KONSUMEN
Mayoritas konsumen yang memiliki gangguan pendengaran di kedua telinga, lebih memilih dua alat bantu dengar ketimbang satu, ketika diberi pilihan untuk mendengar dengan dua telinga.
 
15. KEPUASAN PELANGGAN
Penelitian dengan lebih dari 5.000 konsumen dengan gangguan pendengaran di kedua telinga menunjukkan bahwa klien yang memakai alat bantu dengar di kedua telinga lebih puas dibandingkan klien yang memasang hanya satu alat bantu dengar di salah satu telinga.
Logikanya, sama seperti Anda menggunakan kedua mata untuk melihat dengan jelas, Anda memerlukan dua telinga yang sehat untuk mendengar dengan jelas. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan satu alat bantu dengar, cobalah untuk menggunakan dua.      

No comments