Home Top Ad

Responsive Ads Here

Lima Fakta Mengejutkan Tentang Orang Kidal

Share:

 Secara normal, manusia berakivitas dengan bagian sebelah kanan, baik itu tangan maupun kaki. Misalnya memegang pulpen, mengangkat raket, menendang bola atau yang lain. Tapi di dunia ini ada juga yang sebaliknya, menggunakan tangan kiri untuk melakukan berbagai aktivitas.

Orang-orang yang seperti itu biasa disebut kidal. Kelihatannya memang susah jadi orang kidal, itu anggapan orang yang tidak kidal. Tapi sesungguhnya dibalik 'kidal' mereka menyimpan fakta yang mengagetkan.

Inilah lima fakta mengejutkan tentang orang kidal yang akan membuat Anda berdecak kagum atau bahkan merasa iba pada orang kidal:




1. Orang kidal lebih kreatif

Orang-orang kidal sering mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari orang-orang normal, terutama saat anak usia sekolah. Diskriminasi biasanya terjadi saat makan karena dianggap tidak sopan. Namun dalam sebuah penelitian dari American Journal of Psychology yang akan membuat Anda berdecak kagum.


Dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa orang kidal diklaim lebih kreatif dan inovatif ketimbang orang yang aktif dengan tangan kanan. Oleh karena itu mulai sekarang jangan anggap remeh orang kidal.

2. Orang kidal lebih beruntung dalam olahraga

Dalam buku The Puzzle of Left-Handedness menyatakan bahwa orang kidal dianggap lebih beruntung dalam hal olahraga. Terlebih pada jenis olah raga seperti bisbol, tenis, dan tinju.

Sudah banyak contoh tokoh terkenal dibidang olahraga seperti Pegolf legendaris, Phil Mickelson, Rafael Nadal (petenis profesional) dan Oscar de La Hoya (petinju dunia). Mereka semua adalah orang kidal.

Selain fakta mengejutkan dari kelebihan orang kidal, Anda juga akan dengan fakta sebaliknya dari orang kidal.

3. Orang kidal lebih penakut

Sebagaimana dilansir dari laman Huffington Post, orang kidal juga diketahui lebih penakut. Para peneliti, mengatakan bahwa hal itu bisa terjadi sebab berkaitan dengan ketakutan terhadap orang sekitar yang aktif dengan tangan kanan. Mungkin takut diejek atau sejenisnya.

4. Orang kidal lebih berrisiko psikosis

Sebuah penelitian dari Yale University menyatakan bahwa orang kidal berrisiko tinggi mengidap psikosis. Psikosis merupakan gangguan mental. Jika ada salah satu anggota keluarga Anda maka perlu dilakukan pendampingan khusus agar tidak terjadi kemungkinan psikosis.

5. Berrisiko tingi alami disleksia

Pada tahun 2010, Jurnal Pediatrics telah mempublikasikan hasil risetnya yang mengejutkan. Penelitian tersebut mengungkap fakta bahwa orang kidal berpotensi tinggai alami disleksia atau gangguan baca tulis.

Demikian 5 fakta mengejutkan tentang orang kidal. Well, orang kidal tak perlu minder karena banyak orang-orang terkenal yang sukses justru mereka kidal. Salah satu contohnya adalah orang nomor wahid di Amerika Serikat, Presiden Barrack Obama yang juga kidal.

No comments