Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas, Konsumsi Gula Bantu Penuaan Dini

 Gula merupakan salah satu zat yang digunakan tubuh untuk menambah tenaga sebab gula termasuk sumber karbohidrat sederhana. Hampir semua orang mengkonsumsi gula sebagai pemanis makanan. Namun ternyata kandungan dalam gula membantu timbulnya kulit keriput di sudut mata.

Jurnal Age telah melakukan penelitian dan hasilnya menyatakan bahwa gula sebabkan penuaan dini. Tanda-tanda awal mulai keriput pada area sudut mata. Oleh karena itu, konsumsi perlu dibatasi jika ingin mendapatkan penampilan yang tetap awet muda.

Konsumsi dalam jumlah tepat justru bermanfaat bagi tubuh untuk membentuk energi. Sayangnya, orang Indonesia pada umumnya mengkonsumsi gula secara berlebihan dalam makanan maupun minuman mereka.

Jika Anda termasuk salah seorang yang suka berlebihan mengkonsumsi gula maka wajib perhatikan beberapa tips berikut untuk membatasi jumlah gula yang dikonsumsi sehari-hari:




1. Jangan sekali-kali konsumsi gula halus

Gula jenis ini tidak perlu dikonsumsi karena tidak mengandung nilai gizi sama sekali. Gula halus sering disajikan untuk campuran atau bahan hiasan kue maupun yang lainnya. Setidaknya mulai sekarang kurangi gula halus demi kesehatan Anda.

2. Ambil manfaat gula dalam bentuk asalnya

Buah-buahan yang manis termasuk salah satu sumber gula alami yang bisa kita ambil manfaatnya. Memang sumber gula jenis ini tidak bisa dicampur dengan minuman seperti kopi dan sejenisnya. Tapi Anda bisa menambahkannya dalam kue ataupun membuatnya halus dengan cara diblender agar bisa diminum.

3. Jauhi gula sirup dengan kadar fruktosa tinggi

Dewasa ini memang sulit meninggalkan gula dalam bentuk makanan olahan karena menjamurnya produk olahan dengan kadar gula tinggi. Namun, kembali lagi ingat dampak negatifnya sebagai motivasi untuk menghindari dan memilih gula yang sehat.

4. Ganti dengan gula alternatif

Produk gula rendah kalori sudah semakin banyak dipasaran. Kita bisa memilih berbagai produk tersebut untuk mengganti gula di rumah. Meskipun lebih baik gula alami, tapi setidaknya gula alternatif yang rendah kalori lebih baik daripada gula yang kebanyakan orang menggunakannya.

Demikian beberapa tips menghindari gula agar tidak terjadi penuaan dini yang diakibatkannya. Sekali lagi perlu diingat bahwa konsumsi gula bantu penuaan dini jika dalam jumlah besar, tapi bermanfaat bagi tubuh jika dalam takaran yang pas, tidak berlebihan. Batas maksimal untuk konsumsi gula setiap hari adalah 6 - 12 sendok teh perhari untuk orang dewasa.

Post a Comment for "Awas, Konsumsi Gula Bantu Penuaan Dini"